Pujo Basuki, Koordinator Konsultan PLUT KUMKM Aceh |
Sebanyak 100 orang Pedagang di sentra kuliner pantai Lampuuk dilatih kewirausahaan kiat mendongkrak omset bisnis (31/01/2018) lalu. Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan BRI Peduli yang melibatkan dua orang Konsultan PLUT KUMKM Aceh Pujo Basuki dan Istiqomah.
Pujo Basuki menjelaskan bahwa salah satu aspek agar bisnis di kawasan wisata lebih menguntungkan adalah dengan membuat supaya kawasan lebih ramai dikunjungi. Hal ini tentu sangat tergantung dari kepuasan para pengunjung kawasan.
Layanan yang prima dari para pelaku usaha menjadi kunci sukses pengembangan kawasan. Seperti yang banyak pakar pelayanan katakan, layanan pelanggan dimulai dengan senyuman. Ketika berada dalam situasi tatap muka langsung dengan pelanggan, salam hangat harus menjadi hal pertama yang dilihat pelanggan, kemudian mendengarkan ketika mereka meminta bantuan. Bahkan saat menangani permintaan layanan pelanggan melalui telepon pun, senyum bisa masuk melalui suara. Jadi, pastikan Anda siap untuk bersikap ramah.
Layanan pelanggan sering kali melibatkan emosi, jadi penting untuk memastikan Anda dan karyawan yang menangani tugas layanan pelanggan selalu bersikap sopan dan hormat. Jangan biarkan emosi Anda sendiri menghilangkan keinginan Anda untuk melihat pelanggan pergi dengan perasaan bahagia.
Mendengarkan adalah salah satu rahasia layanan pelanggan yang paling sederhana. Mendengarkan berarti mendengar apa yang dikatakan pelanggan walaupun mereka berteriak, begitu pula dengan apa yang mereka komunikasikan secara nonverbal. Perhatikan tanda-tanda bahwa mereka tidak senang, sambil mendengarkan apa yang mereka katakan kepada Anda secara langsung.
Mungkin tidak ada yang lebih buruk daripada tidak responsif terhadap pelanggan yang mencoba mendapatkan bantuan untuk menyelesaikan masalah, atau mencari tahu lebih lanjut tentang produk yang Anda tawarkan. Sangat penting menanggapi setiap pertanyaan pelanggan dengan cepat, meski hanya dengan mengatakan Anda mengerti tentang masalah ini dan akan kembali menelepon pelanggan tersebut. Terkadang, beberapa respons selalu lebih baik daripada tidak ada sama sekali, sehingga pelanggan tidak merasa diabaikan.[]
+=====================================================+
Titanium Metal Art - Classic Art | Titanium Art
BalasHapusLearn about the best titanium metal art in the Tittory titanium rod Art studio with our in-depth look งานออนไลน์ at this unique ford ecosport titanium and popular Art, titanium hammers artwork that ford escape titanium 2021 has been produced