Untuk menarik konsumen, para produsen selalu memiliki trik yang diciptakan khsusus untuk menarik para pelanggannya. Trik terlihat sederhana namun sangat ampuh untuk mendongkrak penjualan.
SATU; Kemasan Lebih Modern
Kemasan menjadi dayatarik tersendiri bagi konsumen. Memperbaharui kemasan lama yang sederhana dengan kemasan baru yang lebih menarik adalah strategi jitu untuk menarik konsumen. Cukup dengan tampilan kemasan baru tanpa merubah komposisi produk yang dijual.
DUA; Perbandingan Harga
Banyak produdes yang mengeluarkan barang yang hampir sama dengan harga yang berbeda. Misal barang dengan kemasan A harga dibanderol Rp 9.000 dan barang yang hampir sama dengan kemasan B harga dibanderol Rp 7.800.
TIGA; Memasuki Pikiran dengan Slogan
Cara lain agar barang kita dibeli oleh konsumen adalah dengan memasuki pikkiran konsumen. Hampir semua produsen bahkan hampir semua produk memiliki slogan masing-masing. Slogan diciptakan untuk mempengaruhi otak bawah sadar konsumen. Maka ciptakanlah slogan yang menarik dan ringkas yang dapat menyentuh perasaan terdalam sehingga membekas di pikiran mereka.
EMPAT; Memanfaatkan Sifat Malas
Produk diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Memberikan solusi atas permasalahan yang dialami. Membuat sesuatu hal menajdi lebih mudah. Produsen biasa menawarkan berbagai kemudahan. Tidak hanya itu, kecenderungan konsumen untuk tidak bolak-balik belanja (malas belanja) juga dimanfaatkan dengan menanamkan pikiran bahwa membeli dalam jumlah banyak daripada yang dibutuhkan.
LIMA; Mempermainkan Psikologis
Untuk mempengaruhi agar konsumen belanja lebih banyak, permainan psikologis biasa dilakukan oleh produsen. Banyak hal yang dapat mempermainkan psikologis pelanggan seperti DISKON. Potongan harga, beli 2 gratis 1, harga khusus hari ini dll.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda para pelaku UMKM dimanapun berada. [Udjoe]
Keren pak ... Terimakasih sangat bermanfaat
BalasHapus